Panduan Superpower Seller

Akan ada 3 langkah Pokok yang akan aku jelaskan.
  1. Membereskan Toko
  2. Mendatangkan traffic
  3. Skill Closing

1. MEMBERESKAN TOKO



Mereka yang belanja online adalah manusia yang di dunia nyata terbiasa belanja secara langsung di toko fisik.

Semakin toko online kita bisa memberikan pengalaman seperti belanja langsung pada mereka,

maka semakin besar rasa ingin membeli mereka.


Pertanyaannya, Gimana caranya supaya mereka bisa merasakan pengalaman seperti belanja langsung? Jawabannya ada pada...
  • Foto produk
  • Deskripsi produk
  • Performa toko

Jika dioptimalkan, bisa membuat mereka merasa seperti berbelanja langsung.

1.1. Foto Produk

1. Gunakan foto latar putih
Jika kamu perhatikan, marketplace yang kamu pakai (shopee,tokped, dkk) sudah menyarankan kamu untuk memasang foto dengan latar putih.
Tapi kenapa banyak seller yang mengabaikannya..?




Besar kemungkinan karena mereka tidak menyadari pengaruh foto latar putih terhadap penjualan.




Foto itu seperti etalase toko kita,
tempat costumer melihat produk kita secara langsung,
...dan mereka ingin mendapatkan perasaan seperti membeli secara langsung, meskipun mereka belanja online. Ingat prinsip yang aku bahas diawal?



Jadi, tampilkan minimal 2 foto produk dengan posisi yang berbeda.




Dengan menampilkan foto latar putih di berbagai posisi, dia seperti merasakan sudah memegang produk.
2. Resolusi Foto yang bagus

Jangan abaikan resolusi.



Semakin bagus resolusi, maka toko mu semakin terlihat profesional dan bisa dipercaya.



Bukan toko ecek-ecek yang asal buka dan main ambil foto dari google, dengan resolusi yang pecah-pecah nggak karuan.


Terlihat profesional dalam berdagang online itu penting, karena meningkatkan rasa percaya costumer.


Apapun yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya costumer maka lakukan...




Karena rasa percaya costumer (terutama di toko online) berbanding lurus terhadap penjualanmu.
3. Foto penjelas dimensi. Berikan foto ketika produk itu dipegang atau disejajarkan dengan benda familiar, misalnya mistar, sendok dst. Mengapa? Karena walaupun pengunjung toko membaca info tentang berat produk, tetap aja agak susah membayangkan seberapa besar produk tersebut. Jangan buat pengunjung toko mu bingung, Catat lagi : Jangan membuat pengunjung tokomu kebingungan walaupun hanya untuk mengira-ngira ukuran. Karena bahkan kebingungan kecil, bisa menjauhkan dia dari minat ingin beli.
4. Foto ketika digunakan

Letakkan foto ketika digunakan persis dibagian akhir foto produk.


Harus di akhir foto produk.


kenapa?


Karena hanya setelah orang melihat produk seksama,
barulah dia butuh membayangkan dirinya ketika menggunakan.

1.2. Deskripsi Produk

Jika foto produk adalah etalase tokomu, maka deskripsi produk adalah SPGnya. (sales promotion girls) Jadi, sales promotion girl yang pintar adalah yang bisa menjelaskan fitur - manfaat produkmu. Fitur adalah apa yang ada di produkmuManfaat adalah apa yang bisa diberikan dari fitur yang ada. Contoh deskripsi fitur-manfaat: Cool Sugar Wax Size S, isi 195 gr (fitur)- membuat kamu bisa waxing sampai 20-50 kali waxing. (manfaat) 1 Spatula kayu (fitur) - memudahkan dalam pengolesan wax pada kulit. (manfaat) paham? Oh, satu hal... Karena deskripsi produk seperti SPGnya, maka pastikan SPG mu ramah. Aku banyak melihat toko online yang mungkin sangat sebal dengan orang PHP, sampai menuliskan di deskripsi produk sebuah peringatan pengunjungnya untuk ... "BUDAYAKAN MEMBACA" "NO TANYA-TANYA" "SEMUA SUDAH JELAS DI CAPTION!" πŸ˜…Hayo, apa kalian pernah liat yang seperti ini? Atau kalian yang kayak gitu? hihihi... Jangan ya... Kamu harus sabar..

Dunia online sudah penuh dengan penjual yang galak, tidak dapat dipercaya, dan terutama yang malas..

Kita nggak perlu menambah populasi ini. Apa kamu segitu repotnya menjawab pertanyaan costumer? Kalo memang segitu repot...... berarti toko mu ramai. Mungkin karyawanmu yang harus kamu tambah... πŸ˜€ Atau karena mereka nanya-nanya tapi nggak beli? Bisa jadi karena kamu nggak memahami mereka.

Karena orang yang nanya-nanya sebenernya sudah di ujung mau beli loh...

nanti aku ajarkan caranya ya... Oia, Dibagian bawah deskripsi produk bisa kamu tambahkan sekitar satu kalimat penguat karakter toko mu yang ramah. Misal, Jangan sungkan chat jika ada pertanyaan, karena kami siap membantu menjawab. Ini optional (boleh dipakai atau tidak).


Deskripsi produk sudah ada di bundel super power. Silahkan dicopy paste ke toko mu.

1.3. Performa Toko

Performa toko menurut penjelasan Indah adalah bagaimana tokomu melayani costumer dan bagaimana pandangan mereka terhadap toko mu.


Sedikit cerita, Aku sebelumnya belum pernah berjualan di marketplace. Aku berjualan di website CoolSugarFactory ini, dan mengirim ribuan Cool Sugar Wax tiap bulannya.
Karena ingin memberikan contoh toko ideal yang baik pada kalian, maka 17 September 2018 aku memutuskan untuk membuka toko marketplace pertama Cool Sugar Factory di shopee. Untuk diketahui, aku sama sekali tidak mengeluarkan budget iklan di toko shopee ini. Pengunjung hanya aku dapatkan dari followers IG yang sudah ada...

...dan inilah temuanku untuk mengoptimalkan performa toko.

1.4. Pentingnya Review

Ketika membeli produk di toko online, mayoritas pengunjung membaca review.
Review ini sangat mempengaruhi keputusan membeli.
Jadi, kita mau review yang bagus tentunya.
Review dari costumer yang bercerita pengalamannya berbelanja pada toko kita. Lalu, Bagaimana cara mendapatkan review yang bagus padahal baru penjualan pertama? Kamu mau tau? oke....
Dengarkan aku ya...
Sadar atau tidak, manusia memiliki sifat yang akan membalas kebaikan seseorang jika dia menerimanya. Ini sifat dasar manusia. Jika dia tidak membalas kebaikan, perasaannya jadi nggak enak.

Dan sifat ini, ketika kamu mengetahui cara kerjanya, maka bisa kamu pakai untuk mendapatkan review yang bagus.




aha...πŸ˜ƒ
Gimana tuh ndah?

Jadi, yang kamu harus lakukan:


Ketika barang sampai pada costumer, kamu mendapat notifikasi barang kamu sampai kan?
Nah..

berilah review pada costumermu

kasih dia review bintang 5...dan isi reviewnya kurang lebih seperti ini.

Terimakasih ya sudah order CoolSugarWax..

Kalo ada pertanyaan jangan sungkan untuk chat aku ya...

Aku dengan senang hati akan menjawab pertanyaannya..

Pokoknya aku bantu sampai kakak berhasil waxing..Karena kita seneng banget kalo kakak bisa waxing..

selamat waxing.. :D

-Indah-




Aku bahas satu persatu mengenai "tujuan" per kalimat diatas.
Iya... tiap kalimat ada tujuannya.. simak yaa...


Terimakasih ya sudah order CoolSugarWax.. Awal dimulai dengan terimakasih untuk memberikan rasa apresiasi pada mereka. Manusia butuh apresiasi, ini membuat hatinya terasa hangat, nyaman, bahagia... memberkan efek positif jika diawal kalimat. Kalo ada pertanyaan jangan sungkan untuk chat aku ya... \
Disini sebenarnya tanpa costumer sadari, kita sedang mencegah jangan sampai ketika ada kendala, mereka menulis itu di review dan diliat semua orang. hoho... Aku dengan senang hati akan menjawab pertanyaannya.. Ini menunjukkan kalau kita memberikan pelayanan dengan tulus. Pokoknya aku bantu sampai kakak berhasil waxing..karena aku senang banget kalo kakak bisa waxing.. kalo ini optional..hihi... kalo kamu ragu..bagian ini bisa kamu hilangkan... tapi sebenernya ini powerfull banget sih...untuk citra tokoku.. biar keliatan gak melulu duit gitu loh... selamat waxing.. :D-Indah- nah.. Ini yang jarang orang lakukan, menyematkan nama siapa yang menulis pesan. Ketika kita taruh nama kita, bukan nama toko, pesan tulus menjadi personal dan lebih kena. Itu adalah trik mendapatkan review yang bagus dari costumer..
Kamu bisa aja meminta review mereka.. tapi hasilnya pasti beda.
Dengan sedikit trik psikologi ini, aku memanen banyak review yang bagus sekali..



Ah sok tau ah.. masa sih gitu aja ngefek? Nggak percaya..? ini adalah balasan review dari costumer pertamaku.. πŸ˜€
Ini adalah review dengan komen pertama dari pembeli kedua. Review ini dia berikan sesaat setelah aku memberikan review. Ada hal unik dalam kalimatnya untuk disimak kalau kalian jeli.. Pertama : "kualitas produk sangat baik..."
kedua "harga amat sangat terjangkau" πŸ˜€ "kualitas produk sangat baik..."
Aku yakin, dia belum pakai waxnya.. πŸ˜€karena beberapa menit barang sampai, aku kasih review, dan dia langsung balas dengan review.

Tapi dia bilang produk sangat baik, ini membuktikan dia cukup bahagia dengan review yang aku kasih duluan. Orang yang bahagia akan memberi banyak hal yang baik pada dirinya. "harga amat sangat terjangkau"
Begitu banyak produk waxing di luar sana dengan harga lebih murah kan? Tapi costumer ini merasa CoolSugarwax "Amat sangat terjangkau" Ini membuktikan, mahal atau murah itu relatif. Cara membuat harga produk ringan adalah dengan memberatkan nilainya. Baik nilai manfaat pada produk, juga nilai dari pengalaman menyenangkan mereka belanja. Ini yang menjadi acuan ku dalam menjual supaya closing. Akan aku bahas di sesi selanjutnya.

1.5. Review Dipengaruhi Costumer Journey.

Salah satu mendapatkan review adalah dengan memberikan costumer journey yang tak terlupakan.. Apalagi itu Indaah.... Begini, fitur yang tersedia dari marketplace, seperti chat costumer, notifikasi, dan semua itu sebenarnya bisa kalian pakai untuk memberikan costumer journey menyenangkan... Costumer journey menurut penjelasan Indah adalah perjalanan costumer ketika berbelanja di toko kita.. Apakah perjalanan itu menyenangkan..Ataukah mimpi buruk....πŸ˜‚Itu tergantung kita. Si pemilik toko. Dan costumer journey kita bisa optimalkan dengan fitur dari marketplace yang sudah tersedia.. Ini yang aku lakukan dan kalian bisa praktekkan:

1. Ketika mendapat notif bahwa ada pesanan masuk, dan menunggu pembayaran...

Maka kalian bisa chat dengan isi memastikan ke costumer bahwa produk kalian ready dan kalian bisa siapkan untuk dia. udah tau Indah, standar banget sih... Astagadragon...sabar dulu, ada lanjutannya...😌 Karena ada batas waktu untuk transfer yang diberikan marketplace...berarti ada jeda untuk dia berfikir, apa dia jadi beli, atau nggak? Waktu seperti jebakan di penjualan. Entah kenapa kadang costumer berubah pikiran di posisi ini... pernah alami? atau sering? Supaya memastikan mereka jadi beli, Maka ketika notif order masuk, segera katakan pada mereka barang yang mereka order tersedia dan siap untuk dikemas.. dan.. pastikan jika ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan.. Catatan: Pakai bahasa sehari-hari agar nggak terkesan robot. contoh : "halooooo kaka.. barang yang kaka pesan ready kak.. siap dikirim untuk kaka.. Kalo ada yang mau ditanyain jangan sungkan yaa.. " Hampir sama ya dengan cara mendapatkan review.. πŸ˜ƒ Hanya ini lebih singkat,..dengan tujuan memastikan dia transfer untuk beli produk kita. Kadang chat ketika kita seperti ini, costumer malah bertanya tentang produk lainnya, karena ternyata ada produk yang ingin mereka beli tapi mereka masih ragu. Di beberapa kasus, costumer ku yang tadinya membeli wax saja, lalu aku beri chat ini,

dia kemudian bertanya tentang kertas wax atau prev..

maka aku jelaskan manfaatnya kertas wax atau prev.

Diposisi ini, kita tidak menawarkan produk lain,

dan tidak boleh.

Hanya jika mereka terbersit ingin tau tentang produk tertentu, maka aku jelaskan.

Karena tujuannya hanyalah memastikan mereka transfer. Bukan untuk upsell (menambah belanjaan) Kalau kalian memaksa untuk upsell di posisi dia sedang akan transfer, kemungkinan keinginan mereka untuk transfer batal. Mereka melihat kita sebagai penjual yang terkesan agresif nyebelin.... orang udah mau transfer kok disuruh beli yang lain sih.. sebel... kan males lagi ngulang datanya.. kata costumernya. *tepokjidat* πŸ˜€ okeh...


Lanjut tentang review....

1.6. Review Buruk? Apa Solusinya?

Karena kolom review untuk dibaca pengunjung supaya memberi presepsi baik agar mereka membeli di toko kita... ... dan sayangnya tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk merubah review buruk, kecuali costumer tersebut yang mengubah. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan ketika mendapat review buruk/kurang bagus adalah.... merespon dengan membalas review itu sebaik-baiknya... Ingat... harus super duper balasannya! .. karena respon mu terhadap review buruk bertunjuan mengembalikan presepsi pengunjung yang tadi nya negatif, menjadi baik/positif kembali... Jawaban yang baik adalah yang mengandung kepedulian, membantu mencarikan solusi, dst.

Jadi,

bukan bagaimana pendapat/review orang terhadap toko mu.

Tapi bagaimana kamu menanggapinya.


Tenang saja, Pengunjung yang membaca review yang kurang bagus tentang tokomu, dia pasti melihat juga bagaimana respon mu terhadap review itu. Contoh kasusnya, dalam tokoku... Aku jarang sekali membalas review orang yang sudah baik terhadap toko ku. Karena balasan sudah aku lakukan via chat langsung. Ketimbang balas review bagus, Aku malah membalas review yang sepertinya kurang puas dengan pelayananku. Balasan ini sebagai konfirmasiku untuk "para pembaca review" agar mereka tau, bahwa aku sangat peduli terhadap mereka. 😎 Juga untuk menepis kemungkinan fikiran negatif yang membuat mereka menjadi mikir-mikir untuk belanja.

2. Mendatangkan Pengunjung



Waktu awal menjual Cool Sugar Wax secara online. Aku buta tentang bagaimana mendatangkan pengunjung (traffic) Pada awal 2014 aku melakukan cara manual, tapi sekarang aku mendatangkan traffic dengan beriklan facebook. Kelebihan cara manual ini adalah – tidak membutuhkan biaya, namun membutuhkan ketekunan. Jadi kalau kamu yang tekun, tapi minim modal (kayak aku dulu) maka cara manual cocok untuk kamu.


Cara manual mendatangkan pengunjung di Instagram/facebook Berikut ini cara manual meningkatkan pengunjung.
  1. Posting dengan hastag
  2. Follow spesific account.

2.1. Posting Dengan Hashtag

Cara membuat hastag yang benar. Bayangkan kamu sebagai orang yang ingin menghilangkan bulu dan mencari informasi produk/jasa apa yang bisa membantumu di laman search (baik IG, Facebook, atau Google) Apa kata kunci yang akan kamu pakai? Berikut kata kunci yang sering orang pakai ketika ingin menghilangkan bulu berdasarkan google keyword planner

Kamu bisa copy hastag ini: #coolsugarwax #sugarwaxing #sugarwax #hairremoval #carawaxing #jasawaxing #jualpenghilangbulu #penghilangbulu #perontokbulu #perontokbulupermanen #menghilangkanbulu #creampenghilangbulu #caramenghilangkanbuluketiak #pembersihbulu #caramenghilangkanbulu #caramenghilangkanbulukaki #perontokbulukemaluan #caramencukurbuluketiak #pembersihbulu #penghilangbulupermanen Hastag berfungsi untuk menampilkan postingan mu pada mesin pencarian agar terlihat oleh calon prospekmu yang sedang mencari info tersebut. Karena mereka yang mencari info tersebut memiliki potensi untuk membeli Cool Sugar Wax. Gunakan hastag dibawah caption postingan Instagram mu. Seperti Ini. Konten untuk di posting ini sudah aku sediakan di budel superpower. Silahkan di cek. Kapan waktu paling cocok posting...?

Berdasarkan pengalaman dan tanya sana sini, jam 11 pagi (eh, jam 11 itu masuk pagi apa siang yah) dan jam 7 malam. Itu adalah jam bosan orang, sehingga mereka cek-cek postingan atau update.

2.2. Follow / Like Foto Follower dari Akun Yang Potensial

Akun potensial adalah akun yang kemungkinan besar followernya merupakan target market kita karena akun tersebut menawarkan produk yang dicari target market kita. Dengan like foto atau memfollow follower Akun potensial, maka di notifikasi mereka akan muncul nama toko mu. Inilah harapan agar mereka melihat akun kamu dan merasa tertarik untuk masuk (alias kepo) dan follow back. Sebelum membahas akun apa aja...kita bahas ini dulu... Gimana caranya supaya mereka kepoin IG kita dan follow back?

Foto profil yang menarik
  • Tampilan foto profil itu kecil, jadi pastikan foto profil ig mu jelas dan cukup besar.
  • Gunakan warna kontras.

Nama yang unik atau mencirikan tokomu. Bio IG mu harus memiliki :
  • apa yang kamu jual
  • kontak toko dan jam kerja
  • link toko mu di marketplace
  • tagline Toko mu yang mencerminkan keramahan dst.
- optional : cantumkan IG pribadi mu untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung, bahwa mereka bertransaksi dengan manusia.

Dan pastikan kamu sudah memposting sekitar 9 foto tentang coolsugarwax di IG mu. (seperti biasa, kamu bisa dapetin ini di bundel superpower)

Lanjut ya.. Jadi... Akun seperti apa yang followernya potensial sebagai prospek Cool Sugar Wax? Masih dengan pola pikir sebagai mereka yang ingin menghilangkan bulu.. Jika kamu ingin menghilangkan bulu, Maka akun IG apa yang akan kamu follow..? Jawabannya adalah akun apapun yang menjual jasa/produk untuk menghilangkan bulu.

Tapi, jangan memilih akun yang menjual sugarwaxing juga ya..


Karena, mereka yang sudah memfollow akun dengan produk sejenis, bisa jadi mereka sudah membeli atau sudah menerima info waxing yang sama. Penawaran kamu jadi nggak kuat bagi mereka karena nggak menarik, terkesan sama ajah... Follow lah akun
  • Jasa waxing
  • Produk penghilang bulu
Berikut ini list akun IG potensial yang aku dapatkan :PS : kamu bisa mencarinya sendiri dengan melihat hastag atau kolom search dengan kata kunci hastag yang aku berikan https://instagram.com/greenangelica.center?utm_source=ig_profile_share&igshid=mqvl5ic8b0un https://instagram.com/waxtime_id?utm_source=ig_profile_share&igshid=fnptbhawvzrp https://instagram.com/waxhaus_id?utm_source=ig_profile_share&igshid=11boktaw64845 https://instagram.com/waxit_id?utm_source=ig_profile_share&igshid=14qyjv5rjpdt https://instagram.com/justwax_id?utm_source=ig_profile_share&igshid=5pettiuki4e3 https://instagram.com/veetindonesia?utm_source=ig_profile_share&igshid=1uok80t8y98el Gimana? Apa kamu langsung merasa berat untuk melakukan ini semua? Tenang.. Kamu merasa berat karena kamu melihat gambaran seluruh jalan yang harus kamu lalui.. Saranku, Fokuslah dengan langkah kecil yang ada persis didepanmu. Terus melangkah… Tanpa kamu sadari, kamu sudah sampai.. Caranya? Kamu bisa mulai meluangkan waktu mu dengan memfollow/like foto 100 akun dalam sehari dan lakukan konsisten setiap hari. Baru jika kamu mampu, kamu tingkatkan lagi jumlahnya. Memfollow akun ini hanya memakan waktu kurang dari 1 jam sehari loh… Dan bisa dilakukan sambil santai. Aku benar-benar mempraktekkan cara ini di tahun 2014 dalam waktu 4-5 bulan, dan mendapat omset kurang lebih 20 juta per bulan setelahnya dengan berjualan Cool Sugar Wax. Ketekunan selalu berbuah manis Sis… πŸ˜€

Sebenarnya sekarang aplikasi berbayar untuk melakukan pekerjaan manual ini sudah tersedia, namanya gramcaster.

Tapi, dulu aku melakukan ini semua ini tanpa bantuan aplikasi. Jadi memakai aplikasi ini adalah optional. Aplikasi ini nggak mahal,hanya 300 ribuan untuk 3 bulan..

2.3. Traffic Berbayar 1: Iklan Sosmed dan Google

FBads adalah yang kami lakukan sekarang. (kenapa pakai kami? karena fbad ini bukan aku yang menjalankan, kupersilahkan Ajie Jiwandono, alias : suamiku tercinta) Tapi cara ini cukup rumit, karena melibatkan pemahaman pengolahan data belum lagi perubahan alogaritma yang terus mereka update. Jika hanya boost post tanpa mengerti spesifik audience, maka iklan sangat mungkin rugi atau biasa disebut boncos. Kita harus memantau pergerakan iklan kita setiap hari, membaca grafiknya.. Kenapa kami tetap memilih ini? Kami membutuhkan data untuk menganalisa pergerakan ku selanjutnya secara detail. Facebook tau persis penggunanya yang hanya suka komen.. atau nggak suka komen tapi langsung beli... Sifat penggunanya... apa saja yang mereka suka, ketertarikan mereka... Facebook tau berapa lama mereka liat video kita.. facebook oh facebook.. dia begitu menarik.. tapi sulit dipahami.. (kata suamiku, facebook mirip dengan sifat wanita) hahahahah..Sebagai wanita.. aku aja nggak terlalu memahaminya... πŸ˜‚ Tapi tenang, kalau kalian tetep ngotot untuk tau caranya, silahkan tonton semua tutorial dari mentor pertamaku (iya kami punya banyak mentor fbad), silahkan download videonya disini. (atau kalian bisa cek video itu nanti dan melanjutkan membaca)

2.4. Traffic Berbayar 2: Endorsement

Nah.. menurut aku, inilah yang paling cocok buat kamu yang pusing sama iklan FB Ads. Yaitu endorsement. Endorsement kita lakukan untuk mendapatkan traffic dari follower Akun artis/influencer itu. Dengan harapan akun artis itu memiliki follower yang sesuai dengan target audience kita. Endorse artis Ini adalah link management artis endorse yang bisa kamu pakai jasanya. @iconic_sister Banyak toko Online dan brand yang aku perhatikan mengandalkan traffic hanya dari mengendorse artis. Dan mereka terus berjalan sampai sekarang.
Endorse Influencer Influencer adalah orang yang memiliki keahlian dalam satu bidang dan memiliki follower yang loyal pada mereka. Dalam hal ini kita memakai influencer yang memiliki fokus/keahlian pada kecantikan, contohnya beauty blogger, make up artist. Karena influencer konsisten untuk membagikan konten tentang satu topik kecantikan, maka walaupun lebih sedikit dari artis, kemungkinan besar follower mereka sesuai target market Cool Sugar Wax. Cara mencari akun influencer Pilih satu akun influencer (yang nggak diprivate/gembok) Contoh :
Tekan tombol panah kebawah (lihat gambar)
Kamu akan mendapatkan banyak refrensi akun yang serupa.
Cara agar foto endorse tidak dipakai orang. Ada beberapa penjual yang sebel karena foto endorse mereka dipakai toko lain meskipun efek traffic dari mengendorse itu sudah nggak ada. Ini cara agar foto endorsan kamu nggak dipakai orang. Buatlah satu standing kecil nama tokomu yang bisa kamu print dari kertas atau art paper. Atau... apapun yang sekiranya bisa jadi simbol toko mu. Minta artis/influencer foto menggunakan standing itu. Ini nggak perlu standing,apapun yang bisa menampilkan nama toko mu.Misal goodie bag, atau bahkan stiker nama toko kamu di produk. Karena kadang influencer terlalu peduli estetik foto mereka sehingga mungkin standing yang mencolok nggak bisa mereka foto.πŸ˜… Pastikan foto toko mu cukup terpapar namun tidak mengganggu pose artis/influencer itu. Dengan foto ini, pun ada toko yang nakal untuk memakainya, mereka harus sangat berusaha mengedit dan mungkin merusak foto tersebut. Selalu ada cara buat curang sih sebenernya... Yang penting kamu sudah melakukan tindakan protektif semaksimal mungkin. Oia,

Meskipun kamu sedang promote produk Cool Sugar Wax, tapi sebenarnya yang sedang kamu promote adalah toko mu.




Bayangkan naiknya follower dari endorse ini ke tokomu...dan dikemudian hari, ketika kamu ingin menjual produk lain, kamu sudah memiliki follower yang cukup banyak.



btw, budget ku untuk beriklan sudah cukup banyak kok. Cool Sugar Wax sudah banyak dikenal dari sabang sampai merauke... 😎permisi, numpang sombong....just kidd.. aku nggak sombong... please.. jangan sebel.. 😝 Ingat ya.. kamu endorse itu buat traffic toko kamu sendiri. Follower toko yang banyak adalah asset kamu dikemudian hari.

3. Skill Closing

Skill closing ini adalah kemampuan kamu menjawab pertanyaan pengunjung dan menggiringnya pada pembelian.

3.1. Ini Adalah isi Benak Pengunjung Toko-mu Ketika Melihat Iklan/posting CoolSugarWax

  • Menarik juga bisa waxing seperti disalon ya...
  • Selama ini kalau nggak waxing, aku cukuran.
  • hm, tapi membeli online ya.. aman nggak ya transaksinya.
  • Semisal aku nggak bisa pakai gimana ya..? susah nggak sih?
Sebenarnya masih banyak lagi, Tapi keempat pertanyaan itulah menurut pengalamanku yang paling berpengaruh pada closing. maka inilah formula jawaban yang paling ampuh untuk closing yang aku temukan. Ketika costumer chat dan mulai menanyakan produk, jelaskan statement ini.. statement 1 :

Cool Sugar Wax size S ini harganya 82 ribu 1 set , dan ini bisa dipakai lebih dari 20 kali sis...

(enter) penguat statement 1 :

Bayangin, kalo sis waxing di salon, 1 kali waxing bisa 100 ribu lebih. Jadi waxing pakai Cool Sugar Wax ini hemat banget.

(enter) Statement 2 :

Nah, kalo sis cukuran, 3 hari sekali udah tumbuh... sedangkan kalo waxing, 2 minggu baru tumbuh...

(enter) penguat statement 2:

Dan cukuran itu numbuhnya tajem-tajem, karena nggak kecabut sampe keakar, kalo waxing pakai coolsugarwax, karena nyabut sampai akar jadi bulu yang baru tumbuh itu bulu baru yang halus sis.

Agar kalian paham, aku jelaskan tujuan masing-masing statement diatas. Tujuan statement 1Mengajak mereka mengetahui perbandingan hemat mana antara waxing sendiri dengan salon.Melalui hitungan sederhana antara harga 1 kali waxing di salon, dengan berapa kali waxing dengan Cool Sugar Wax. Penjelasan ini menarik...tapi mungkin nggak cukup kuat untuk membuat mereka membeli.. terutama bagi mereka yang biasa cukuran. Di statement kedua, kita jelasin betapa "nggak banget" cukuran dibanding waxing.. yaitu bulu tumbuh tajem. kita ajak juga mengajak mereka berhitung perbandingan kecepatan tumbuh bulu.

3.2. Mengajak Mereka Berhitung Sebenarnya Adalah Trik

Karena Cool Sugar Wax yang dibeli karena fungsi, maka pertimbangan mereka membeli banyak dipengaruhi otak kiri mereka (logika) . Memangnya ada orang yang membeli tidak dengan logika? Banyak. Ada barang yang orang beli karena emosional : tujuan status, terlihat keren, atau suka dengan warna, karena dipakai si artis..dll. Kembali ke Cool Sugar Wax, Jadi trik menjual barang yang memiliki nilai fungsi adalah dengan menebalkan alasan logika mereka harus membeli produk tersebut.

Hanya dengan cara itu lah kita bisa membuat mereka resah, gelisah dan susah tidur kalo nggak beli.

Berbagai statement tambahan yang aku berikan di bundel superpower.Statement tambahan ini bersifat kondisional, artinya kalian pakai jika memang ada pertanyaan dari costumer tersebut. Mirip FAQ, tapi dengan kalimat persuasif.

Tapi statement pertama dan kedua adalah statement pokok/utama yang harus kalian beritahu pada mereka. Baik mereka tanya atau tidak. Menjelaskan dengan statement tidak perlu pertanyaan. Itulah kenapa namanya statement. Pernyataan.

___ Sampai disitu, jika ada pertanyaan dari mereka tentang produk, penggunaan, penyimpanan. Itu semua bisa kalian temukan jawabannya di kolom FAQ reseller yang juga ada di bundel superpower.

---- Langkah selanjutnya.....

3.3. Memberikan Rasa Aman

Mereka sudah mau membeli, tapi masih ragu akan dua hal..
  • Ketakutan kalau nggak bisa pakai waxnya.
  • Keamanan belanja online. Takut sudah bayar, tapi barang nggak sampai.
Tebakan ku ini pasti benar. Karena ini keraguan orang ketika belanja online pada umumnya. Jadi tanpa harus bertanya,langsung ungkapkan yang bisa kamu tawarkan untuk kerisauan ini. Kenapa jangan bertanya? Karena kita butuh membuat mereka sedikit kaget. Ketika mereka agak kaget...penolakan mereka melemah, dan penawaran kita menguat. πŸ˜… kita mau, respon dalam hati mereka seperti ini; "eh.. kok tau sih.. eh.. kok.. eh.." Kurang lebih seperti itu. Jadi ini jawaban ideal dari ku. Baca dulu pelan-pelan. Kalo kamu syok. Tahan pertanyaannya... Karena akan ada penjelasannya. Untuk ketakutan kalau nggak bisa pakai wax :

"Sis nggak usah khawatir, begitu barang sampai, kalo sis ada kendala, sis bisa tanya ke aku.. aku bantu dari sini step by stepnya...dan didalamnya juga ada kertas petunjuk panduannya... "

Sampai sini cukup. Tapi kalau kamu merasa bisa memberi lebih perhatian, seperti aku. Maka kamu bisa tambahkan kalimat ini...

"... tenang Sis..kita bisa wa, telponan.. bahkan vidcall.. kalo memang sis butuh.. aku akan memastikan sis berhasil waxing"

Tenang, ini optional. Aku berani menambahkan kalimat diatas karena memang aku tau a-z tentang waxing dengan Cool Sugar Wax.Jadi nggak masalah bagiku. Kalau kamu merasa begitu juga.. silahkan tiru cara ku. Untuk ketakutan paket nggak sampai : Hati-hati ini jebakan...Jangan komen dulu sampai aku jelaskan... Dengarkan ini jawaban terbaik yang bisa kalian jawab....

"..pengiriman via ekspedisi, dan kalo paket sis nggak sampai, barang akan kita ganti /uang aku kembalikan... dengan syaratnya sis harus kasih alamat yang lengkap benar juga nomor telpon yang aktif.."

yap benar.. Aku memberi jaminan... Aku paham, kamu pasti mikir.. Loh...nanti kita rugi doong? Sabar.. tenang... Coba pikir ulang.... Seandainya dengan menjamin ini, penjualan mu meningkat tajam. Seperti yang aku rasakan, persentase closing ku meningkat 30%, dari 40% jadi 70% karena menambahkan ini. Maka, resiko barang hilang/ bermasalah tuh berapa persen sih? Aku sudah menjual lebih dari 10 ribu wax.dan baru mendapat komplen barang hilang kurang lebih 10 kali. berarti resiko 1: 1000 Apa mengganti barang hilang setelah melakukan 1000 kali penjualan disebut rugi? πŸ˜€ Aku rasa nggak ada masalah. Lagipula, marketplace sekarang memiliki sistem integrasi dengan ekspedisi, kemungkinan ini sangat kecil dan bisa kamu minimalisir. Tiap menit kita bisa cek dimana status paket kita kok. ya kan? Yang penting, Kamu berhasil menepis alasan mereka untuk nggak beli. ITU yang penting...

3.4. Menanggapi Mereka Yang Mengatakan....

Menanggapi mereka yang mengatakan..
  • ongkir mahal.
  • harganya kemahalan
  • mau tanya-tanya dulu.
  • nunggu gajian.
  • lagi bokek.
Jadi begini... Semua alasan itu hanya karena mereka belum merasa nilai fungsi Cool Sugar Wax itu begitu banyak, dan masih merasa "apa ruginya tidak waxing" Jadi tugas kita menambah nilai produk yang kita jual dengan statement. Oia kenapa aku kalo menjual memakai statement.. Karena ketika melakukan percakapan dengan calon costumer, aku mau mengendalikan percakapan... Bayangkan tanpa statement.. Mereka datang hanya nanya ongkir... nanya-nanya nggak jelas...sudah memakan waktu kita, eh nggak jadi beli.. Tapi.. dengan statement.. Minimal seluruh pesan ini sampai...dan aku yakin (juga karena sudah membuktikan), mereka akan "tebakar"dengan penjelasanku yang panjang... Jelas.. dan menutup segala kemungkinan mereka menolak... membuat mereka merasa hanya dengan membeli lah satu-satu nya solusi. Kita harus jadi penjual agresif jika mau sukses jualan..
Agresif ini karena penuh pengetahuan, penuh teknik, penuh semangat, penuh dedikasi...
Bukan agresif yang memaksa membeli.
Menyapa si PHP.



Kita tentu nggak mau kedengeran kayak penjual yang desperado... seperti dagangan kita nggak laku...

.. dengan mengatakan hal desperado seperti ini..
"sis.. gimana.. jadi beli nggak..?" "sis...jadi transfer nggak?" "gimana sis..? minat?"

tidak.Tidak..Tidaaaaaaaaaaaaaaaak....!!! Jangan pernah bertanya seperti itu !
Stay cool. Cara menyapa PHP yang benar adalah seperti seperti ini..


...Jadi ketika ada yang belum transfer, yang harus kita lakukan hanyalah mengirimkan briadm Seolah kalian sedang broadcast message. Jadi dia merasa pesan itu bukan hanya untuk dia. Ketimbang bertanya.. Lebih baik mengingatkan mereka secara nggak langsung bahwa mereka sedang melewatkan hal yang penting dalam hidupnya kalau nggak buru-buru transfer. Kenapa jangan bertanya dengan kalimat langsung..? Di posisi ketika dia harus transfer, aku asumsikan bahwa kamu sudah menjabarkan semuaaaa hal yang penting yang harus mereka tau.. (statement-statement yang tadi aku berikan) Jadi, ketika dia nggak belum transfer, Besar kemungkinan dia memang belum ada dana atau lupa, atau menunda-nunda. Teruskan "broadcast" palsu ini 1 kali broadcast tiap dua hari sekali. Hentikan ketika sudah 2 minggu. 😎 Lakukan di jam 11 siang atau jam 7 malam. (jika mereka nggak transfer karena sibuk, waktu ini adalah waktu paling cocok untuk transfer)