Skill Closing

Skill closing ini adalah kemampuan kamu menjawab pertanyaan pengunjung dan menggiringnya pada pembelian.

Ini adalah isi benak pengunjung toko mu ketika melihat iklan/posting Cool Sugar Wax;


  • Menarik juga bisa waxing seperti disalon ya...

  • Selama ini kalau nggak waxing, aku cukuran.

  • hm, tapi membeli online ya.. aman nggak ya transaksinya.

  • Semisal aku nggak bisa pakai gimana ya..? susah nggak sih?





Sebenarnya masih banyak lagi,




Tapi keempat pertanyaan itulah menurut pengalamanku yang paling berpengaruh pada closing.

maka inilah formula jawaban yang paling ampuh untuk closing yang aku temukan.

Ketika costumer chat dan mulai menanyakan produk, jelaskan statement ini..


statement 1 :

Cool Sugar Wax size S ini harganya 82 ribu 1 set , dan ini bisa dipakai lebih dari 20 kali sis...


(enter)

penguat statement 1 :

Bayangin, kalo sis waxing di salon, 1 kali waxing bisa 100 ribu lebih. Jadi waxing pakai Cool Sugar Wax ini hemat banget.


(enter)


Statement 2 :

Nah, kalo sis cukuran, 3 hari sekali udah tumbuh... sedangkan kalo waxing, 2 minggu baru tumbuh...



(enter)



penguat statement 2:

Dan cukuran itu numbuhnya tajem-tajem, karena nggak kecabut sampe keakar, kalo waxing pakai coolsugarwax, karena nyabut sampai akar jadi bulu yang baru tumbuh itu bulu baru yang halus sis.


Agar kalian paham, aku jelaskan tujuan masing-masing statement diatas.
Tujuan statement 1
Mengajak mereka mengetahui perbandingan hemat mana antara waxing sendiri dengan salon.
Melalui hitungan sederhana antara harga 1 kali waxing di salon, dengan berapa kali waxing dengan Cool Sugar Wax.

Penjelasan ini menarik...tapi mungkin nggak cukup kuat untuk membuat mereka membeli.. terutama bagi mereka yang biasa cukuran.


Di statement kedua, kita jelasin betapa "nggak banget" cukuran dibanding waxing.. yaitu bulu tumbuh tajem. kita ajak juga mengajak mereka berhitung perbandingan kecepatan tumbuh bulu.

Mengajak mereka berhitung sebenarnya adalah trik.


Karena Cool Sugar Wax yang dibeli karena fungsi, maka pertimbangan mereka membeli banyak dipengaruhi otak kiri mereka (logika) .



Memangnya ada orang yang membeli tidak dengan logika?


Banyak. Ada barang yang orang beli karena emosional : tujuan status, terlihat keren, atau suka dengan warna, karena dipakai si artis..dll.


Kembali ke Cool Sugar Wax,



Jadi trik menjual barang yang memiliki nilai fungsi adalah dengan menebalkan alasan logika mereka harus membeli produk tersebut.


Hanya dengan cara itu lah kita bisa membuat mereka resah, gelisah dan susah tidur kalo nggak beli.




Berbagai statement tambahan yang aku berikan di bundel superpower.
Statement tambahan ini bersifat kondisional, artinya kalian pakai jika memang ada pertanyaan dari costumer tersebut.
Mirip FAQ, tapi dengan kalimat persuasif.


Tapi statement pertama dan kedua adalah statement pokok/utama yang harus kalian beritahu pada mereka. Baik mereka tanya atau tidak. Menjelaskan dengan statement tidak perlu pertanyaan. Itulah kenapa namanya statement. Pernyataan.

___

Sampai disitu, jika ada pertanyaan dari mereka tentang produk, penggunaan, penyimpanan. Itu semua bisa kalian temukan jawabannya di kolom FAQ reseller yang juga ada di bundel superpower.

----
Langkah selanjutnya.....




Memberikan Rasa Aman





Mereka sudah mau membeli,
tapi masih ragu akan dua hal..



  • Ketakutan kalau nggak bisa pakai waxnya.



  • Keamanan belanja online. Takut sudah bayar, tapi barang nggak sampai.




Tebakan ku ini pasti benar.
Karena ini keraguan orang ketika belanja online pada umumnya.



Jadi tanpa harus bertanya,
langsung ungkapkan yang bisa kamu tawarkan untuk kerisauan ini.




Kenapa jangan bertanya?




Karena kita butuh membuat mereka sedikit kaget.




Ketika mereka agak kaget...
penolakan mereka melemah, dan penawaran kita menguat. 😅



kita mau, respon dalam hati mereka seperti ini;


"eh.. kok tau sih.. eh.. kok.. eh.."


Kurang lebih seperti itu.


Jadi ini jawaban ideal dari ku.

Baca dulu pelan-pelan.
Kalo kamu syok.
Tahan pertanyaannya...
Karena akan ada penjelasannya.

Untuk ketakutan kalau nggak bisa pakai wax :

"Sis nggak usah khawatir, begitu barang sampai, kalo sis ada kendala, sis bisa tanya ke aku.. aku bantu dari sini step by stepnya...dan didalamnya juga ada kertas petunjuk panduannya... "


Sampai sini cukup.

Tapi kalau kamu merasa bisa memberi lebih perhatian, seperti aku.
Maka kamu bisa tambahkan kalimat ini...

"... tenang Sis..kita bisa wa, telponan.. bahkan vidcall.. kalo memang sis butuh.. aku akan memastikan sis berhasil waxing"


Tenang, ini optional.

Aku berani menambahkan kalimat diatas karena memang aku tau a-z tentang waxing dengan Cool Sugar Wax.
Jadi nggak masalah bagiku.

Kalau kamu merasa begitu juga.. silahkan tiru cara ku.


Untuk ketakutan paket nggak sampai :

Hati-hati ini jebakan...
Jangan komen dulu sampai aku jelaskan...


Dengarkan ini jawaban terbaik yang bisa kalian jawab....

"..pengiriman via ekspedisi, dan kalo paket sis nggak sampai, barang akan kita ganti /uang aku kembalikan... dengan syaratnya sis harus kasih alamat yang lengkap benar juga nomor telpon yang aktif.."




yap benar..

Aku memberi jaminan...

Aku paham,

kamu pasti mikir..

Loh...nanti kita rugi doong?

Sabar..

tenang...

Coba pikir ulang....


Seandainya dengan menjamin ini,
penjualan mu meningkat tajam.
Seperti yang aku rasakan, persentase closing ku meningkat 30%,
dari 40% jadi 70% karena menambahkan ini.


Maka, resiko barang hilang/ bermasalah tuh berapa persen sih?


Aku sudah menjual lebih dari 10 ribu wax.
dan baru mendapat komplen barang hilang kurang lebih 10 kali.

berarti resiko 1: 1000


Apa mengganti barang hilang setelah melakukan 1000 kali penjualan disebut rugi?


😀


Aku rasa nggak ada masalah.

Lagipula, marketplace sekarang memiliki sistem integrasi dengan ekspedisi, kemungkinan ini sangat kecil dan bisa kamu minimalisir. Tiap menit kita bisa cek dimana status paket kita kok.


ya kan?



Yang penting,

Kamu berhasil menepis alasan mereka untuk nggak beli.

ITU


yang penting...




Menanggapi mereka yang mengatakan..


  • ongkir mahal.
  • harganya kemahalan
  • mau tanya-tanya dulu.
  • nunggu gajian.
  • lagi bokek.

Jadi begini...

Semua alasan itu hanya karena mereka belum merasa nilai fungsi Cool Sugar Wax itu begitu banyak, dan masih merasa "apa ruginya tidak waxing"


Jadi tugas kita menambah nilai produk yang kita jual dengan statement.


Oia kenapa aku kalo menjual memakai statement.. Karena ketika melakukan percakapan dengan calon costumer, aku mau mengendalikan percakapan...


Bayangkan tanpa statement..



Mereka datang hanya nanya ongkir... nanya-nanya nggak jelas...
sudah memakan waktu kita, eh nggak jadi beli..

Tapi.. dengan statement..

Minimal seluruh pesan ini sampai...
dan aku yakin (juga karena sudah membuktikan), mereka akan "tebakar"dengan penjelasanku yang panjang... Jelas.. dan menutup segala kemungkinan mereka menolak...



membuat mereka merasa hanya dengan membeli lah satu-satu nya solusi.


Kita harus jadi penjual agresif jika mau sukses jualan..


Agresif ini karena penuh pengetahuan, penuh teknik, penuh semangat, penuh dedikasi...



Bukan agresif yang memaksa membeli.




Menyapa si PHP.


Kita tentu nggak mau kedengeran kayak penjual yang desperado... seperti dagangan kita nggak laku...

.. dengan mengatakan hal desperado seperti ini..

"sis.. gimana.. jadi beli nggak..?"

"sis...jadi transfer nggak?"

"gimana sis..? minat?"

tidak.
Tidak..
Tidaaaaaaaaaaaaaaaak....!!!


Jangan pernah bertanya seperti itu !

Stay cool.

Cara menyapa PHP yang benar adalah seperti seperti ini..

...Jadi ketika ada yang belum transfer, yang harus kita lakukan hanyalah memberikan narasi pendek pada mereka. (bisa kamu ambil di bundel superpower)

Seolah kalian sedang broadcast message.

Jadi dia merasa pesan itu bukan hanya untuk dia.


Ketimbang bertanya..

Lebih baik mengingatkan mereka secara nggak langsung bahwa mereka sedang melewatkan hal yang penting dalam hidupnya kalau nggak buru-buru transfer.


Kenapa jangan bertanya dengan kalimat langsung..?

Di posisi ketika dia harus transfer,
aku asumsikan bahwa kamu sudah menjabarkan semuaaaa hal yang penting yang harus mereka tau.. (statement-statement yang tadi aku berikan)


Jadi, ketika dia nggak belum transfer,


Besar kemungkinan dia memang belum ada dana atau lupa, atau menunda-nunda.


Teruskan "broadcast" palsu ini 1 kali broadcast tiap dua hari sekali.


Hentikan ketika sudah 2 minggu.


😎

Lakukan di jam 11 siang atau jam 7 malam.


(jika mereka nggak transfer karena sibuk, waktu ini adalah waktu paling cocok untuk transfer)