Apa yang membuat orang takut berbelanja online?


Karena tidak mendapatkan pengalaman langsung. Pengalaman langsung apa?
  • Pengalaman langsung memegang produk
  • Pengalaman melihat penjualnya langsung

Dan semua pengalaman detail, yang biasa didapatkan ketika berbelanja langsung.



Rumus untuk membuat toko terlihat terpercaya :

Semakin toko kita bisa menggantikan pengalaman berbelanja langsung, tingkat kepercayaan orang makin besar, keinginan beli semakin tinggi.



Cara menggantikan pegalaman belanja langsung adalah dengan mengoptimalkan tampilan toko online



Langkah mengoptimalkan tampilan toko online



Gunakan foto backgroud putih flat


Ketika melihat foto produk background putih, pengunjung toko kita seperti melihat produk rapih sedang berjajar di etalase toko.

Itu kenapa jika kamu perhatikan, toko-toko profesional selalu menggunakan background putih untuk foto produknya.

Note : Tim kami menyediakan foto produk background putih yang bisa langsung di pasang di toko.



Foto produk mental trigger


Mental trigger artinya memicu interaksi mental yang melihat sehingga terpacu untuk mengklik foto produk mu.


Ketika kamu menjual di marketplace, hal ini sangat dibutuhkan.

Kuncinya : Seseorang terpacu untuk klik, ketika melihat visual yang mental interaksi.

Contoh visual yang memicu mental interaksi adalah foto menggenggam/memegan produk.


Note : kami menyediakan foto mental trigger yang bisa langsung dipasang untuk foto produk mu. Foto bisa di dapatkan di Library Masterseller


Tips :
kamu bisa membuat foto seperti ini dengan variasi gayamu, agar membedakan toko mu dengan toko lain.



Foto berbagai sisi


Kita bisa menciptakan pengalaman orang seperti melihat produk langsung, dengan menampilkan foto produk beberapa posisi.

Minimal berikan 3 foto produk.



Deskripsi produk


Hal yang paling penting ketika orang sudah ada di toko mu adalah deskripsi produk.

Deskripsi produk yang baik punya paling tidak memiliki hal berikut:

  • What dan HOW nya jelas. What : apa manfaat dan kelebihan produk ini. How : Bagaimana ini bekerja.
  • Jawab minimal satu penolakan (objection) calon costumer dalam satu kalimat singkat. Objection adalah alasan terkuat orang tidak ingin membeli produk
  • Penjelasan fitur-benefit. Fitur adalah apa yang ada di produk. Benefit adalah apa manfaat fitur pada costumer.

Contoh deskripsi produk


Waxing bulu praktis tanpa dipanaskan. (What)
Cukup oles, tutup kain wax, tarik cepat berlawanan arah. Bulu terangkat sampai akar, bersih seketika. (how)
Free konsultasi sampai bisa. (jawab objection)

(Fitur- benefit)
  • 195 gr coolsugarwax- cukup untuk 20x pakai di ketiak.
  • kertas petunjuk- akan menuntun waxing sampai bisa
  • 6 kain wax - bisa dicuci hanya dengan air.
  • Terbuat dari gula dan air lemon - kamu tidak perlu takut ada dampak buruk dikulit.
  • 1 spatula kayu- memudahkan kamu mengaplikasikan wax

Note : Konten deskripsi produk bisa kamu ambil bagian konten library.


Bio toko mu


Dimanapun kamu berjualan, baik di sosial media, atau marketplace, selalu ada bio, tempat orang akan membaca pertama kali.


Urutannya :
  1. Orang membaca nama akun, melihat foto profil
  2. Kemudian membaca bio
  3. Baru kepo isi konten mu.

Jadi berarti akun bio adalah seperti sambutan pertama ketika orang masuk toko mu.


Minimal bio kamu berisi :
  • Sapa hangat.
  • Toko mu tentang apa.
  • Jam buka dan hari.
  • Nomor kontak/cara menghubungi mu.


Contoh :

Hai,
kami produsen waxing : coolsugarwax.
Buka : Senin-Jumat
Jam : 08.00-17.00 WIB
hubungi : 0821112222926


Seperti sepele ya?
Tapi banyak sekali toko yang tidak paham ini, dan akhirnya curhat di BIO nya.
Pernah dengar curhat ini :


"NO TANYA-TANYA"
"NO PHP"
"PHP BLACKLIST"
"SEMUA SUDAH ADA DI KETERANGAN"


Costumer yang baru mampir akan sebal sekali membaca ini. Padahal dia belum tanya-tanya dan nggak PHP.

Ya karena jika diibaratkan toko, bio adalah bagian depan toko mu.

Dan huruf kapital = berteriak.

Jadi mereka merasa disambut dengan teriakan ketika masuk "pintu" toko mu.

Pedagang seperti apa yang berteriak-teriak di depan tokonya.

Tidak usah dijawab.🙂-


Review bagus


Pembeli itu pintar.
Sebelum membeli, mereka akan melihat dulu review.

Masalahnya ada 2:
1. Bagaimana mendapatkan review pertama.
2. Bagaimana mendapatkan review bagus dari tiap pembeli.


Cara mendapatkan review pertama yang bagus
Jika kamu mendapat pembeli, maka yang harus kamu lakukan untuk mendapat review.


Ketika mendapat order, dan dia belum membayar. kamu chat costumer mu. Isinya kurang lebih : produk kamu ready, dan kalau ada kendala, jangan sungkan tanyakan.


“hai sis, aku Indah, produk yang sis mau ready ya.. kalau sis ada kendala atau ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan chat aku.”

Ya, kurang lebih seperti itu balasannya. Ketika dia akhirnya membeli, jangan lupa berterimakasih

“hai sis, terimakasih ya... pesanannya segera aku packing, semoga cepat sampai"

Ketika kita mendapat notifikasi bahwa paket sudah sampai.

“hai sis, makasih ya sudah order... kalau ada kendala, jangan sungkan chat aku ya... aku siap untuk bantuin sis"


Kenapa kita harus sebaik ini?

Hukum psikologi : Manusia akan merasa sangat tidak enak jika mendapatkan kebaikan.

Dan dia akan berusaha untuk mengurangi rasa tidak enak itu dengan cara membalas kebaikan.

Cara mereka membalas kebaikan biasanya dengan respon mengucapkan terimakasih panjang lebar.


Diposisi ini kamu bisa meminta dia untuk memberikan review.

kak, nanti kalo sudah pakai.. boleh ya minta reviewnya...”

Demikian kamu akan dapat review yang bukan cuma bintang, tapi juga yang bercerita.

Karena dia merasa harus membalas kebaikanmu.


Kamu akan kaget betapa orang ternyata mau panjang lebar memberikan review positif.


🙂-


Baiklah, kamu sudah merapihkan tampilan toko. Toko mu kini nampak lebih rapih dan terpecaya. Selanjutnya silakan pelajari cara closing dari masterseller. Aku tunggu di kelas Cara Closing.