Membereskan Toko

Prinsipnya gini,


Mereka yang belanja online adalah manusia yang di dunia nyata terbiasa belanja secara langsung di toko fisik.


Semakin toko online kita bisa memberikan pengalaman seperti belanja langsung pada mereka,

maka semakin besar rasa ingin membeli mereka.





Pertanyaannya,



Gimana caranya supaya mereka bisa merasakan pengalaman seperti belanja langsung?




Jawabannya ada pada...

  • Foto produk

  • Deskripsi produk


  • Performa toko




Jika dioptimalkan, bisa membuat mereka merasa seperti berbelanja langsung.

Foto Produk



1. Gunakan foto latar putih



Jika kamu perhatikan, marketplace yang kamu pakai (shopee,tokped, dkk) sudah menyarankan kamu untuk memasang foto dengan latar putih.

Tapi kenapa banyak seller yang mengabaikannya..?





Besar kemungkinan karena mereka tidak menyadari pengaruh foto latar putih terhadap penjualan.





Foto itu seperti etalase toko kita,
tempat costumer melihat produk kita secara langsung,

...dan mereka ingin mendapatkan perasaan seperti membeli secara langsung, meskipun mereka belanja online. Ingat prinsip yang aku bahas diawal?

Jadi, tampilkan minimal 2 foto produk dengan posisi yang berbeda.



Dengan menampilkan foto latar putih di berbagai posisi, dia seperti merasakan sudah memegang produk.


2. Resolusi Foto yang bagus.


Jangan abaikan resolusi.





Semakin bagus resolusi, maka toko mu semakin terlihat profesional dan bisa dipercaya.


Bukan toko ecek-ecek yang asal buka dan main ambil foto dari google, dengan resolusi yang pecah-pecah nggak karuan.




Terlihat profesional dalam berdagang online itu penting, karena meningkatkan rasa percaya costumer.




ingat ini :

Apapun yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya costumer maka lakukanlah...



jangan ada hal kecil pun mengenai ini yang kamu abaikan...



Karena rasa percaya costumer (terutama di toko online) berbanding lurus terhadap penjualanmu.




3. Foto penjelas dimensi.

Berikan foto ketika produk itu dipegang atau disejajarkan dengan benda familiar, misalnya mistar, sendok dst.

Mengapa?

Karena walaupun pengunjung toko membaca info tentang berat produk,
tetap aja agak susah membayangkan seberapa besar produk tersebut.

Jangan buat pengunjung toko mu bingung,

Catat lagi :

Jangan membuat pengunjung tokomu kebingungan walaupun hanya untuk mengira-ngira ukuran.

Karena bahkan kebingungan kecil, bisa menjauhkan dia dari minat ingin beli.

4. Foto ketika digunakan.

Letakkan foto ketika digunakan persis dibagian akhir foto produk.

Harus di akhir foto produk.

kenapa?

Karena hanya setelah orang melihat produk seksama,
barulah dia butuh membayangkan dirinya ketika menggunakan.

Tampilan toko mu kurang lebih akan seperti ini...


Deskripsi produk




Jika foto produk adalah etalase tokomu,

maka deskripsi produk adalah SPGnya. (sales promotion girls)




Jadi,
sales promotion girl yang pintar adalah yang bisa menjelaskan fitur - manfaat produkmu.


Fitur adalah apa yang ada di produkmu
Manfaat adalah apa yang bisa diberikan dari fitur yang ada.


Contoh deskripsi fitur-manfaat:

Cool Sugar Wax Size S, isi 195 gr (fitur)- membuat kamu bisa waxing sampai 20-50 kali waxing. (manfaat)

1 Spatula kayu (fitur) - memudahkan dalam pengolesan wax pada kulit. (manfaat)


paham?





Oh, satu hal...




Karena deskripsi produk seperti SPGnya,


maka pastikan SPG mu ramah.

Aku banyak melihat toko online yang mungkin sangat sebal dengan orang PHP,

sampai menuliskan di deskripsi produk sebuah peringatan pengunjungnya untuk ...


"BUDAYAKAN MEMBACA"

"NO TANYA-TANYA"

"SEMUA SUDAH JELAS DI CAPTION!"


😅
Hayo, apa kalian pernah liat yang seperti ini?


Atau kalian yang kayak gitu? hihihi...




Jangan ya...




Kamu harus sabar..




Dunia online sudah penuh dengan penjual yang galak, tidak dapat dipercaya, dan terutama yang malas..





Kita nggak perlu menambah populasi ini.




Apa kamu segitu repotnya menjawab pertanyaan costumer?





Kalo memang segitu repot...
... berarti toko mu ramai.


Mungkin karyawanmu yang harus kamu tambah... 😀


Atau karena mereka nanya-nanya tapi nggak beli?



Bisa jadi karena kamu nggak memahami mereka.





Karena orang yang nanya-nanya sebenernya sudah di ujung mau beli loh...




nanti aku ajarkan caranya ya...

Oia,


Dibagian bawah deskripsi produk bisa kamu tambahkan sekitar satu kalimat penguat karakter toko mu yang ramah.



Misal,


Jangan sungkan chat jika ada pertanyaan, karena kami siap membantu menjawab.


Ini optional ya...


Performa Toko



Performa toko menurut penjelasan Indah adalah bagaimana tokomu melayani costumer dan bagaimana pandangan mereka terhadap toko mu.


Sedikit cerita,

Aku sebelumnya belum pernah berjualan di marketplace. Aku berjualan di website CoolSugarFactory ini, dan mengirim ribuan Cool Sugar Wax tiap bulannya.


Karena ingin memberikan contoh toko ideal yang baik pada kalian,
maka 17 September 2018 aku memutuskan untuk membuka toko marketplace pertama Cool Sugar Factory di shopee.





Untuk diketahui, aku sama sekali tidak mengeluarkan budget iklan di toko shopee ini. Pengunjung hanya aku dapatkan dari followers IG yang sudah ada...



...dan inilah temuanku untuk mengoptimalkan performa toko.



Pentingnya Review...





Ketika membeli produk di toko online,
mayoritas pengunjung membaca review.





Review ini sangat mempengaruhi keputusan membeli.




Jadi, kita mau review yang bagus tentunya.

Review dari costumer yang bercerita pengalamannya berbelanja pada toko kita.




Lalu,



Bagaimana cara mendapatkan review yang bagus padahal baru penjualan pertama?



Kamu mau tau?

oke....







Dengarkan aku ya...


Sadar atau tidak,
Manusia memiliki sifat yang akan membalas kebaikan seseorang jika dia menerimanya.

Ini sifat dasar manusia.



Jika dia tidak membalas kebaikan,
perasaannya jadi nggak enak.




Dan sifat ini, ketika kamu mengetahui cara kerjanya, maka bisa kamu pakai untuk mendapatkan review yang bagus.






aha...😃


Gimana tuh ndah?




Jadi, yang kamu harus lakukan:




Ketika barang sampai pada costumer, kamu mendapat notifikasi barang kamu sampai kan?





Nah..

berilah review pada costumermu


kasih dia review bintang 5...
dan isi reviewnya kurang lebih seperti ini.


Terimakasih ya sudah order CoolSugarWax..

Kalo ada pertanyaan jangan sungkan untuk chat aku ya...

Aku dengan senang hati akan menjawab pertanyaannya..

Pokoknya aku bantu sampai kakak berhasil waxing..Karena kita seneng banget kalo kakak bisa waxing..

selamat waxing.. :D

-Indah-






Aku bahas satu persatu mengenai "tujuan" per kalimat diatas.

Iya bener.. tiap kalimat ada tujuannya.. simak yaa...






Terimakasih ya sudah order CoolSugarWax..

Awal dimulai dengan terimakasih untuk memberikan rasa apresiasi pada mereka.
Manusia butuh apresiasi, ini membuat hatinya terasa hangat, nyaman, bahagia... memberkan efek positif jika diawal kalimat.



Kalo ada pertanyaan jangan sungkan untuk chat aku ya...
Disini sebenarnya tanpa costumer sadari, kita sedang mencegah jangan sampai ketika ada kendala, mereka menulis itu di review dan diliat semua orang. hoho...





Aku dengan senang hati akan menjawab pertanyaannya..
Ini menunjukkan kalau kita memberikan pelayanan dengan tulus.




Pokoknya aku bantu sampai kakak berhasil waxing..karena aku senang banget kalo kakak bisa waxing..

kalo ini optional..hihi... kalo kamu ragu..bagian ini bisa kamu hilangkan...

tapi sebenernya ini powerfull banget sih...untuk citra tokoku.. biar keliatan gak melulu duit gitu loh...





selamat waxing.. :D
-Indah-

nah.. Ini yang jarang orang lakukan, menyematkan nama siapa yang menulis pesan. Ketika kita taruh nama kita, bukan nama toko, pesan tulus menjadi personal dan lebih kena.



Itu adalah trik memberi review costumer dengan tujuan bikin mereka kepikiran kalo gak bales ngasih review...
berdasarkan ilmu psikologi .. (cie,sotoy...padahal bukan anak psikologi)





Hahaha.. aku nggak sotoy keleus! biarpun anak periklanan, aku belajar juga psikologi selling...




Nggak percaya..? ini adalah balasan review ku dari costumer.. 😀




Cekidot!






Ini adalah review dengan komen pertama dari pembeli kedua.
Review ini dia berikan sesaat setelah aku memberikan review.


Ada hal unik dalam kalimatnya untuk disimak kalau kalian jeli..


Pertama :
"kualitas produk sangat baik..."
kedua

"harga amat sangat terjangkau"

😀


"kualitas produk sangat baik..."
Aku yakin, dia belum pakai waxnya.. 😀
karena beberapa menit barang sampai, aku kasih review, dan dia langsung balas dengan review.
Tapi dia bilang produk sangat baik, ini membuktikan dia cukup bahagia dengan review yang aku kasih duluan. Orang yang bahagia akan memberi banyak hal yang baik pada dirinya.



"harga amat sangat terjangkau"
Coba jujur, begitu banyak produk waxing di luar sana dengan harga lebih murah kan?

Tapi costumer ini merasa CoolSugarwax "Amat sangat terjangkau"



Ini membuktikan, mahal atau murah itu relatif.
Cara membuat harga produk ringan adalah dengan memberatkan nilainya.



Baik nilai manfaat pada produk, juga nilai dari pengalaman menyenangkan mereka belanja.



Ini yang menjadi acuan ku dalam menjual supaya closing. Akan aku bahas di sesi selanjutnya.





Review dipengaruhi costumer journey.


Salah satu mendapatkan review adalah dengan memberikan costumer journey yang tak terlupakan..




Apalagi itu Indaah....





Begini,



fitur yang tersedia dari marketplace, seperti chat costumer, notifikasi, dan semua itu sebenarnya bisa kalian pakai untuk memberikan costumer journey menyenangkan...



Costumer journey menurut penjelasan Indah adalah perjalanan costumer ketika berbelanja di toko kita..



Apakah perjalanan itu menyenangkan..
Ataukah mimpi buruk....😂
Itu tergantung kita.
Si pemilik toko.



Dan costumer journey kita bisa optimalkan dengan fitur dari marketplace yang sudah tersedia..



Ini yang aku lakukan dan kalian bisa praktekkan:





1. Ketika mendapat notif bahwa ada pesanan masuk, dan menunggu pembayaran...




Maka kalian bisa chat dengan isi memastikan ke costumer bahwa produk kalian ready dan kalian bisa siapkan untuk dia.




udah tau Indah, standar banget sih...





Astagadragon...sabar dulu, ada lanjutannya...😌





Karena ada batas waktu untuk transfer yang diberikan marketplace...
berarti ada jeda untuk dia berfikir,



apa dia jadi beli, atau nggak?



Waktu seperti jebakan di penjualan.
Entah kenapa kadang costumer berubah pikiran di posisi ini...


pernah alami? atau sering?




Supaya memastikan mereka jadi beli,


Maka,
ketika notif order masuk,


segera katakan pada mereka barang yang mereka order tersedia dan siap untuk dikemas..



dan..


pastikan jika ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan..


Catatan:
Pakai bahasa sehari-hari agar nggak terkesan robot.





contoh :

"halooooo kaka.. barang yang kaka pesan ready kak.. siap dikirim untuk kaka.. Kalo ada yang mau ditanyain jangan sungkan yaa.. "




Hampir sama ya dengan cara mendapatkan review.. 😃

Hanya ini lebih singkat,
..dengan tujuan memastikan dia transfer untuk beli produk kita.


Kadang chat ketika kita seperti ini,
costumer malah bertanya tentang produk lainnya, karena ternyata ada produk yang ingin mereka beli tapi mereka masih ragu.




Di beberapa kasus, costumer ku yang tadinya membeli wax saja, lalu aku beri chat ini,

dia kemudian bertanya tentang kertas wax atau prev..


maka aku jelaskan manfaatnya kertas wax atau prev.




Diposisi ini, kita tidak menawarkan produk lain,

dan tidak boleh.



Hanya jika mereka terbersit ingin tau tentang produk tertentu, maka aku jelaskan.




Karena tujuannya hanyalah memastikan mereka transfer. Bukan untuk upsell (menambah belanjaan)




Kalau kalian memaksa untuk upsell di posisi dia sedang akan transfer, kemungkinan keinginan mereka untuk transfer batal.

Mereka melihat kita sebagai penjual yang terkesan agresif nyebelin....


orang udah mau transfer kok disuruh beli yang lain sih.. sebel... kan males lagi ngulang datanya.. kata costumernya.

*tepokjidat*


😀

okeh...

Lanjut tentang review....

Review buruk? Apa solusinya?



Karena kolom review kegunaannya agar dibaca pengunjung, untuk memberi presepsi baik agar mereka membeli...




... dan sayangnya tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk merubah review buruk, kecuali costumer tersebut yang mengubah.



Hal terbaik yang bisa kamu lakukan ketika mendapat review buruk/kurang bagus adalah....



merespon dengan membalas review itu sebaik-baiknya... Ingat... harus super duper balasannya!




.. karena respon mu terhadap review buruk bertunjuan mengembalikan presepsi pengunjung yang tadi nya negatif, menjadi baik/positif kembali...


Jawaban yang baik adalah yang mengandung kepedulian, membantu mencarikan solusi, dst.



Jadi,

bukan bagaimana pendapat/review orang terhadap toko mu.


Tapi bagaimana kamu menanggapinya.





Tenang saja,

Pengunjung yang membaca review yang kurang bagus tentang tokomu,

dia pasti melihat juga bagaimana respon mu terhadap review itu.



Contoh kasusnya, dalam tokoku...



Aku jarang sekali membalas review orang yang sudah baik terhadap toko ku.
Karena balasan sudah aku lakukan via chat langsung.




Ketimbang balas review bagus,

Aku malah membalas review yang sepertinya kurang puas dengan pelayananku.



Balasan ini sebagai konfirmasiku untuk "para pembaca review" agar mereka tau,

bahwa aku sangat peduli terhadap mereka. 😎



Juga untuk menepis kemungkinan fikiran negatif yang membuat mereka menjadi mikir-mikir untuk belanja.




contoh balasan terhadap review yang kurang memuaskan.

Baiklah....


Selesai sudah sesi kita bertema membereskan toko.



Aku menulis ini tanggal 1 Oktober 2018,
dan berarti aku baru 2 minggu berjualan dengan traffic hanya dari follower IG.





28 transaksi yang selesai, belasan sedang berjalan.





Menjalankan apa yang aku lakukan diatas. membuat aku mendapatkan 19 review (berarti sekitar 67% persen dari transaksi yang selesai)
Ini cukup banyak loh...






dan yang terpenting review yang aku dapatkan sekitar 98% adalah review bintang 5, yang lain bintang 4 dan 3 😅





Semua transaksi adalah ke costumer langsung (bukan ke reseller)
Karena di momen menjual di marketplace pertama kali ini,

Aku mau menunjukan,
semua langkah yang aku berikan sangat bisa kalian aplikasikan pada toko kalian.




Jika kalian pemain baru di onlineshop,

maka kalian beruntung mengetahui ini di awal...



atau kalian pemain lama atau sudah punya onlineshop..


Maka yang aku sampaikan ini bisa menjadi evaluasi...




🙂


dan begitu kalian siap..




Maka kita lanjut ke sesi selanjutnya ya...
Mendatangkan Pengunjung
👇